Langsung ke konten utama

RESENSI BUKU DAN PERBANDINGAN DENGAN BUKU LAIN



 Oleh Marwah Mukarromah



Judul               : Pengantar Komunikasi Massa
Penulis             : Nurudin
Pengantar        : Dr. Dedy N Hidayat
Penerbit           : Rajawali Pers, 2007
Tebal               : 276 + xx halaman


Sinopsis
Pengantar Komunikasi Massa
Salah satu faktor kemajuan masyarakat, diakui atau tidak, disebabkan oleh peran media massa. Namun sebaliknya, kekacauan, kemerosotan moral, tindak kekerasan juga tidak bisa dilepaskan dari peran media massa. Dengan demikian, media merupakan faktor penentu kehidupan manusia. Untuk sekedar mengilustrasikan fenomena tersebut, jawablah pertanyaan berikut. Berapa persen pikiran, ucapan, dan perilaku kita dipengaruhi media massa? Jawabannya, tentu sangat fantastis.
Buku Pengantar Komunikasi Massa ini mengkaji secara teoritis berbagai proses yang melingkupi media massa. Dari bahasan ini diharapkan masyarakat tidak saja secara lebih cerdas mengarifi dan memahami keberadaan media massa di tengah masyarakat, tetapi juga mengkritisinya.
Buku ini mencapai sasarannya pada dosen dan mahasiswa Ilmu Komunikasi S- 1 dan S- 2, serta wartawan, praktisi komunikasi, dan pemerintah sebagai pengambil kebijakan.
Buku ini dilatarbelakangi oleh kebijakan kurikulum nasional yang mewajibkan mata kuliah Komunikasi Massa masuk dalam kurikulum program penyelenggaraan studi komunikasi.
1.    Kelebihan Buku
     Bahasa yang digunakan dalam buku ini mudah dipahami, karena menggunakan kaidah bahasa ilmiah popular. Dalam pengemasan materi pun berurutan dari materi yang sederhana ke materi yang komplek. Buku Pengantar Komunikasi Massa ini juga mengkaji secara teoritis berbagai proses yang melingkupi media massa. Buku ini dapat menjadi buku pegangan kuliah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Komunikasi Massa atau kajian media massa yang lain.
     Pokok bahasan pada buku ini mencakup definisi komunikasi massa, ruang lingkup komunikasi massa, ciri-ciri komunikasi massa, asal-usul komunikasi massa, fungsi-fungsi komunikasi massa, elemen-elemen komunikasi massa, model-model komunikasi massa, teori-teori komunikasi massa, efek-efek komunikasi massa, serta etika komunikasi massa.
2.    Kekurangan Buku
     Adanya materi yang perlu penjelasan lebih agar tidak membingungkan pembaca, seperti dalam bab 4 Elemen- Elemen Komunikasi Massa bagian Filter hal. 136. Disitu penulis hanya menyebutkan beberapa jenis Filter tetapi tidak menjelaskan pemaparan dan contoh dari Filter tersebut, sehingga saya mencari dari sumber lain.
     Meskipun buku ini menggunakan bahasa yang mudah dipahami, tetapi ada hal yang kurang cocok atau pantas dalam menggunakan kata tersebut untuk contoh, seperti kondom dan penjelasan senggama terputus pada bahasan Diffusion of Innovation Theory hal. 188.
3.    Inti Teori dalam Buku
Teori dalam Buku Pengantar Komunikasi Massa ini ada 10, antara lain
a.       Hypodermic Needle Theory
b.      Cultivation Theory
c.       Cultural Imperialism Theory
d.      Media Equation Theory
e.       Spiral of Silence Theory
f.       Technological Determinism Theory
g.      Diffusion of Innovation Theory
h.      Uses and Gratifications Theory
i.        Agenda Setting Theory
j.        Media Critical Theory
 Inti 10 teori tersebut mencakup tentang media massa dan pengaruhnya kepada khalayak.
4.    Perbandingan dengan Buku lain


Judul               : Pengantar Komunikasi Massa Jilid 1 Edisi 5 "Melek Media & Budaya"
Pengarang       : Stanley J Baran
Penerjemah      : S. Rouli Manalu
Penerbit           : Erlangga, 2012
Tebal               : 445+ xxx halaman.

Sinopsis
Buku ini mendorong mahasiswa lebih berperan aktif sebagai konsumen media dan memberikan mahasiswa pemahaman yang lebih dalam mengenai peran yang dimainkan media, baik dalam membentuk maupun merefleksikan budaya. Melalui perspektif kultural, mahasiswa belajar bahwa anggota khalayak memiliki peran yang sama besarnya dengan produsen media, teknologi, dan industri dalam proses komunikasi massa.
Dibangun dengan penekanan yang teruji ini, edisi kelima ini menampilkan bab baru yang digabungkan, yaitu “Televisi, TV Kabel, dan Video Mobile”, bab baru, yaitu “Perkembangan Proses Komunikasi Massa”, update teknologi terkini dan peraturan pemerintah, termasuk Patriot Act, pengaturan dari Mahkamah Agung mengenai aplikasi dari file sharing, yaitu P2P di Grokster, “netralitas Internet”, kepemilikan WiFi, matriks industri periklanan baru, seperti ROI, BitTorrent, tampilan video berita, dan masih banyak lagi!.

Pengantar Komunikasi Massa (Pengarang: Nurudin, Pengantar: Dr. Dedy N Hidayat)
Pengantar Komunikasi Massa “Melek Media dan Budaya” (Pengarang: Stanley J Baran, Penerjemah: S. Rouli Manalu)
1. Bahasa mudah dipahami karena menggunakan kaidah bahasa ilmiah popular
2.      Materi tidak berbelit-belit langsung ke intinya dan contohnya.
3. Ada beberapa materi yang perlu penjelasan tetapi tidak ada penjelasannya, sehingga saya mencari penjelasan dari buku lain.
4. Menurut penulis, buku ini tidak saja bermanfaat bagi mahasiswa S-1, tetapi juga mahasiswa S-2.
5.      Buku ini dapat menjadi buku pegangan kuliah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Komunikasi Massa atau kajian media massa yang lain.
6.      Buku ini cocok untuk mahasiwa yang ingin cepat memahami tentang komunikasi massa karena halamannya yang sedikit tetapi memuat semua materi tentang komunikasi massa, bahasanya mudah dipahami dan disertai contoh dalam pembahasannya.
1.      Bahasa sedikit tidak mudah dipahami, walaupun begitu isi buku sudah mengingatkan dengan adanya bagian “Bahan untuk Tinjauan Ulang dan Diskusi”.
2. Materinya tidak langsung keintinya, tetapi kita diajak untuk memahami lebih dalam tentang materinya
3. Materi dalam buku ini sudah ada penjelasannya semua, mengingat buku ini adalah edisi ke 5 yang mana ada perubahan penting yang dilakukan untuk meningkatkan dan memperbarui dari edisi sebelumnya.
4. Materi bukunya mengikuti perkembangan zaman mengenai media.
5.      Yang menjadi ciri khas dalam buku ini adalah
a.       Penekanan pada pengembangan melek media
b.      Perspektif Budaya
c.       Bagian sejarah singkat
d.      Fokus kepada konvergensi
e.   Kotak pengajaran dimasukkan di seluruh buku.
6.      Buku ini menarik untuk dibaca karena banyaknya contoh visual untuk memudahkan kita dalam memahami materi tersebut.

Kesimpulan: Setiap buku ada kelebihan dan kekurangan. Dalam hal ini, buku karangan Nurudin dan buku karangan Stanley J. Baran dapat saling melengkapi kelebihan dan kekurangan dalam masing-masing isi bukunya.

Komentar